Cara Membuat Tahu Sendiri di Rumah

Tahu
Cara Membuat Tahu Sendiri - Tahu tergolong makanan kuno. Berdasarkan pustaka kuno dari Cina dan jepang, pembuatan tahu dan susu kedelai pertama kali diperkenalkan oleh LIU AN pada tahun 164 SM. Di Jepang, nama tahu lazim disebut TOHU. Sedangkan di negara-negara yang berbahsa Inggris, tahu juga disebut sebagai SOYBEAN CURD dan TOFU, Seperti tempe, tahu juga dikenal sebagai makanan rakyat karena harganya yang murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat bawah sekalipun.
Walaupun kita bisa dengan mudah menemukan tahu di pasaran namun tidak ada salahnya bila kita mencoba membuat tahu sendiri di rumah.

Tahu, banyak penggemarnya namun banyak juga yang belum tahu bagaimana cara membuat tahu. Panganan yang diolah dari bahan baku kedelai ini memiliki cita rasa yang enak dan khas. Tahu bisa diolah menjadi bermacam-macam masakan seperti Tumis, Sayur Tahu, Gehu (TogeTahu), dan masih banyak lagi. Harga tahu juga bisa dibilang tak mahal-mahal amat, dengan Rp.1000 kita sudah bisa mendapatkan 2 biji tahu matang yang siap disantap. Silakan Anda hitung sendiri berapa harga tahu yang masih mentah ( belum diolah). Anda seorang penggemar tahu? Penasaran bagaimana cara  bikin tahu? Ok, mari kita bersama-sama lihat seperti apa cara pembuatan tahu yang baik dan benar.

Pertama-tama mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat tahu:
1. Kedelai secukupnya
2. 1 gram batu tahu (Kalsium Sulfat atau CaSO4) atau 3 ml asam cuka
3. Air secukupnya

Setelah bahan-bahan sudah siap, kini saatnya kita siapkan alat-alat yang dibutuhkan :
1. Bak atau tong besar
2. Tampah (nyiru)
3. Kain saring atau kain blancu (kain bekas karung tepung)
4. Kain pengaduk
5. Cetakan tahu
6. Keranjang
8. Tungku atau kompor
9. Alat penghancur atau mesin giling
10. Wajan

Setelah bahan-bahan serta peralatan tempur membuat tahu siap sedia, kini kita masuk ke proses pembuatan tahu :

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih kedelai dengan kualitas bagus (biji besar dan tidak digerogoti ulat). Pada proses ini kita bisa menggunakan Tampi/tampah agar lebih mudah.

2. Setelah kita mendapatkan kedelai yang super, kemudian dicuci, kemudian direndam dalam air kurang lebih selama 6 jam.

3. Setelah proses perendaman selesai, kedelai dicuci dengan air bersih sampai benar-benar bersih. Hal ini bertujuan agar kebersihan kedelai terjamin.

4. Langkah berikutnya kedelai hancurkan menggunakan mesin pemecah kedelai, jika tidak ada Anda bisa memanfaatkan Alu.

5. Pada proses kelima, kedelai yang sudah hancur tersebut digiling sampai halus(lembut) menggunakan mesin giling kedelai. Pada proses ini akan dihasilkan santan kedelai hasil penggilingan kedelai tadi.

6. Santan kedelai yang dihasilkan pada proses nomor 5 langsung direbus dengan menggunakan wajan sampai mendidih.

7. Setelah itu santan kedelai dipindahkan dari wajan ke dalam bak yang telah kita siapkan sebelumnya. Kemudian saring dengan menggunakan kain belacu yang telah dibuat sedemikan rupa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal proses penyaringan ini harus dilakukan secara berulang-ulang.

8. Campur santan kedelai hasil penyaringan dengan asam cuka agar menggumpal. Selain dicampur dengan asam cuka, Anda juga dapat menambahkan air kelapa atau bubuk/serbuk batu tahu (sulfat kapur).

9. Gumpalan hasil campuran santan kedelai yang sudah mulai mengendap itu dituangkan dalam cetakan tahu yang sebelumnya telah dialasi dengan menggunakan kain belacu.

10 Adonan tahu dalam cetakan dikempa/dipress selama kurang lebih 2 menit agar air yang terkandung di dalam adonan tahu tersebut dapat terperas habis tak tersisa.

11. Setelah itu adonan tahu tersebut sudah dapat dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan

12. Dan tahupun sudah jadi dan siap untuk dipasarkan.

Selamat mencoba teman, jangan takut gagal. Apalagi jika Anda berniat menjadi seorang pengusaha tahu yang sukses. Cara membuat tahu yang saya jabarkan diatas bisa saja sudah kuno atau kurang lengkap, Anda bisa bereksperimen sendiri atau bertanya pada orang yang telah jago. Semoga sedikit gambaran cara membuat tahu di atas bermanfaat bagi Anda.